Berita

10 Minuman Khas Jogja Dengan Citarasa Istimewa

28 September 2020 22:03:13 / Berita / Hits : 13226 / Posted by Administrator

Jogja dikenal sebagai salah satu kota yang mempunyai banyak sekali ragam kuliner. Tak hanya makanan enak, tapi juga sejumlah minuman nikmat yg siap memanjakan tenggorokanmu dan perutmu.

Beberapa minuman khas Jogja ini bahkan sangat terkenal sampai ke luar kota. Kenikmatan dan kelezatan yang disuguhkan mampu membuat banyak orang rindu ingin datang lagi mencicipinya.

Nah, jika kamu sedang atau punya rencana berkunjung ke kota yang terkenal dengan bakpia dan gudeg ini, cobalah juga untuk mencicipi sederet minuman khasnya.

Tak perlu bingung, karena pada artikel berikut Kami akan mengulas 10 daftar minuman khas Jogja yang wajib buat kamu cicipi, lengkap beserta penjelasannya.

 

1. Wedang Uwuh

Minuman pertama yang kudu wajib kamu cobain saat berkunjung ke kota Jogja adalah Wedang Uwuh. Dalam bahasa Jawa, Uwuh berarti sampah.

Namun jangan salah sangka dulu, meski disebut demikian bukan berarti isinya sampah. Justru ini adalah minuman menyehatkan yang terbuat dari aneka macam dedaunan dan rempah-rempah.

Sajian tradisional khas daerah Bantul ini memiliki citarasa kuat dan umumnya disajikan dalam keadaan hangat-hangat. Waktu terbaik untuk menikmatinya adalah ketika cuaca sedang dingin atau saat musim hujan.

Angkringan JAC Pandopo Ndalem Timur Plasa Ngasem adalah tempat paling recommended untuk menikmatinya. Selain bisa diminum di tempat, kamu pun bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh karen wedang ini kini telah tersedia dalam bentuk bubuk.

2. Bir Pletok

Foto By @griyadhaharjawi_

Meski identik sebagai minuman keras khas budaya barat, namun tidak demikian dengan bir khas Betawi yang banyak ditemui di Jogja ini.

Justru Bir Pletok ini disebut-sebut sangat bagus buat kesehatan karena terbuat dari beraneka macam rempah-rempah seperti serai, kayu secang, kapulaga, pandan dan cengkeh.

Tak hanya resepnya yg gampang didapat, cara membuatnya juga mudah. Untuk menemukan Bir Pletok yang namanya kerap masuk dalam soal TTS ini juga tidak sulit.

Untuk kamu yang penasaran bagaimana rasanya, bisa datang ke Resto Bale Raos di jalan Magangan Kulon No.01, kota Jogja. Cukup dengan merogoh kocek Rp.20.000 saja buat meneguk sebotolnya.

3. Wedang Ronde

Foto By @syahridjar

Nah, Wedang Ronde ini adalah salah satu minuman khas Jogja yang sudah sangat terkenal di seluruh penjuru Nusantara. Memiliki citarasa spesial, membuat banyak orang senang mengonsumsinya.

Wedang ronde sebenarnya minuman khas masyarakat Tionghoa yang telah dimodifikasi dengan lidah warga lokal. Sajian penghangat badan ini tak hanya populer di Jogja tapi juga di sekitar Jawa Barat.

Jahe adalah bahan utama sekaligus penguat rasa pada Wedang Ronde ini. Sebagai pelengkap sajiannya, umumnya diberi tambahan bola-bola kacang dan sedikit gula agar rasanya manis.

Buat kamu yang ingin mencicipinya, Wedang Ronde Mbah Payem di Kadipaten Jogja adalah tempatnya. Harganya? Tenang, cuma kisaran Rp.6.000 aja kok.

4. Sarsaparilla

Foto By @cherryredkoe

Sarsaparilla ini adalah sejenis limun yang memiliki warna ungu kecoklatan. Minuman tersebut merupakan hasil fermentasi tanaman saparella, khas Pulau Jawa.

Sarsaparilla ini dulunya merupakan minuman favorit kaum ningrat dan para bangsawan keraton Jogja. Namun cukup disayangkan, kini keberadaannya seakan menghilang dari peredaran karena tergerus oleh zaman.

Tapi tak perlu khawatir karena masih ada satu tempat yang menjual Saparilla ini, namanya yaitu Indo Saparella. Lokasinya ada di Kutu Pratan, Sinduadi, Mlati, Kab. Sleman dan untuk harganya kisaran 13-15 ribuan aja per botolnya.

5. Rujak Es Krim

Foto By @mbakyungicipi

Pelepas dahaga khas Jawa Timur bernama rujak es krim ini sangat enak dikonsumsi ketika cuaca sedang panas. Dinamakan demikian, tentu bukan tanpa sebab.

Tidak lain tidak bukan karena dalam penyajiannya, es krim dicampur dengan berbagai buah-buahan segar seperti mangga, kedondong, bengkuang, pepaya, nanas dan siraman gula jawa untuk menghasilkan sensasi pedas.

Rujak Es Krim ini dapat kamu nikmati di warung-warung di sepanjang pinggiran kota Jogja. Dan satu tempat yang paling top adalah Kedai Pak Nardi di lapangan Pakualaman. Selain karena terkenal lezat, harganya pun dibanderol murah meriah, 5 ribuan aja.

6. Es Semlo

Foto By @sasabibi

Es Semlo, sajian anti dahaga ini ungkin masih sangat asing bagi sebagian orang. Pasalnya, minuman tersebut merupakan hidangan favorit kaum keraton Yogyakarta dan termasuk salah satu minuman kesukaan Sultan Hamengkubuwono IX.

Meski umumnya disajikan dalam keadaan dingin, namun teh tersebut memiliki rasa unik sebab dalam pembuatannya mengandung rempah-rempah yang kerap dijadikan sebagai bahan wedang ronde.

Bukan hanya itu saja, uniknya lagi dalam penyajiannya biasanya diberi potongan pisang, gula pasir dan air perasan jeruk nipis. Memiliki warna merah alami karena mengandung campuran kayu secang.

 

Meskipun sudah mulai jarang ditemui, namun bukan berarti tidak bisa dinikmati lagi karena kamu masih dapat menemukan beberapa penjualnya di pinggiran jalan Jogja. Ya walaupun langka, tapi harganya tetap terjangkau loh!

7. Kopi Joss

Foto By @voilajogja

Siapa sih yang tak kenal dengan Kopi Joss. Ini adalah salah satu minuman hits di kota Gudeg Jogja yg selalu ramai diburu wisatawan. Hal tersebut dikarenakan cara membuatnya cukup unik dimana diberi arang saat penyajiannya.

Dan karena keunikan tersebut, membuat Kopi Joss tak hanya terkenal di kota Jogja, namun juga di berbagai negara. Di luar negeri, minuman ini dikenal dengan nama “The Charcoal Coffee”.

Kopi Joss juga menjadi menu andalan sejumlah tempat-tempat makan di sebelah utara stasiun Jogja. Dan salah satu spot paling terkenal disana adalah Angkringan Lek Man. Disini, kamu cuma perlu mengeluarkan modal 5 ribu rupiah aja buat meneguk segelasnya.

8. Wedang Tahu

Foto By @mahasiswakulineran

Minuman satu ini sebenarnya khas Tionghoa, tapi juga menjadi hidangan khas yang wajib kamu cicipi saat berlibur ke Jogja. Namanya bahkan sangat terkenal di kalangan pecinta kuliner di Nusantara.

Resep pembuatannya hampir sama dengan wedang, hanya saja isiannya berupa tahu lembut dan minuman hangat tersebut sangat cocok dikonsumsi ketika cuaca dingin.

Untuk mencicipinya, ada satu tempat hits yang bisa kamu datangi yaitu Wedang Tahu Bu Sukardi. Letaknya berada di jalan Kranggan No.75, Cokrodiningratan, Kabupaten Jetis.

Spot ini memang terkenal sangat ramai tiap harinya. Meski rasanya bintang lima, tapi harganya kaki lima. Kenapa? Karena hanya dengan modal Rp.5.000 saja kamu sudah bisa menikmati kesegarannya.

 

9. Es Jaipong

Foto By @jogjafood

Selain Wedang Tahu, Jogja juga masih punya satu lagi pelepas dahaga merakyat yang juga cukup recommended buat dicicipi saat berkunjung ke daerah istimewa ini, namanya adalah Es Jaipong.

Selain menyegarkan, isiannya juga membuat perut kenyang karena diberi tambahan tepung hunkwe, sagu mutiara, tape singkong, cincau serta kuah santan dan siraman gula cair.

Es Jaipong ini paling mudah ditemui di sekitaran Kotabaru. Disana, pedagangnya bertebaran di setiap sudutnya. Meski terkenal sebagai obat pelepas dahaga, tapi minuman ini dibanderol murah meriah, kisaran 5 ribu aja per porsinya.

10. Lapen

Foto By boombastis.com

Tidak hanya memiliki hidangan manis-manis dan segar, Kota Jogja juga punya yang namanya minuman keras, ialah Lapen.

Mungkin ketika mendengar namanya, akan sedikit aneh. Ya, karena nama minuman tersebut sungguh tidak biasa, bisa dibilang cukup asing. Namun bagi masyarakat kota Jogja, Lapen sudah sangat melekat pada kehidupan mereka sehari-hari.

Berdasarkan beberapa sumber, Lapen ternyata singkatan dari “langsung pening”. Ya, ini adalah efek samping yang dihasilkan oleh minuman tersebut bagi si penenggaknya.

Memiliki harga super duper murah Rp.5.000/plastiknya, membuat semua kalangan bisa menikmatinya. Untuk ciri-cirinya belum bisa dijelaskan dengan pasti, karena versinya cukup banyak.

Demikianlah deretan minuman khas Jogja yang wajib buat dicicipi. Jadi, kalau kamu punya rencana liburan ke sana, jangan lupa untuk mencobanya satu per satu ya!

 

jeep lava tour merapi, jeep tebing breksi, outbound di yogyakarta, rafting sungai elo, rafting sungai progo, amazing race merapi sunrise, Jeep Merapi sunrise, Hard Trekking Merbabu, Soft Trekking Merapi, Paintball di Yogyakarta, Smart Outbound Yogyakarta

Tags : jeep lava tour merapi, jeep tebing breksi, outbound di yogyakarta, rafting sungai elo, rafting sungai progo, amazing race merapi sunrise, jeep merapi sunrise, hard trekking merbabu, soft trekking merapi, paintball di yogyakarta, smart outbound yogyakarta



Berita Lainnya :


Layanan Kami

Contact Us

MERAPI ADVENTURE

PT. BOROBUDUR DESTINASI UTAMA

Jl. Temulawak, RT 01/RW 04 No 40 Nologaten, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

Phone
+62 274 485672

Mobile
+628112640967

Email :

merapiadventure01@gmail.com


ONLINE SUPPORTS :
                                      WE ACCEPT

 

 

 


Exchange Rate :

Layanan Kami

Hubungi Kami

Jl. Temulawak, RT 01/RW 04 No 40 Nologaten , Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

Phone
+62 274 485672

Mobile
+628112640967

WhatsApp
+628112640967

Telegram
+628112640967

Line
borobudursunrise

Email
merapiadventure01@gmail.com, borobudursunrise.net@gmail.com

Promo

Rafting Sungai Progo
Jeep Lava Tour Merapi
Rafting Sungai Elo
YOGYAKARTA BIKING PACKAGE
Timang Beach
Golden Sunrise at Sikunir Dieng
MERAPI SUNRISE TOUR
Jadwal dan Harga Ramayana Ballet Prambanan
Sewa Motor Trail di Merapi
Linktree

Statistik Pengunjung

Flag Counter

Rekening Pembayaran

Transferwise
https://transferwise.com/
https://transferwise.com/

CREDIT CARD
POWERED BY IPAY88
POWERED BY IPAY88