Berita

Menjelajah Hutan Wanagama Gunungkidul Yang Luar Biasa

24 November 2018 09:53:36 / Berita / Hits : 933 / Posted by Administrator

Menjelajah Hutan Wanagama Gunungkidul Yang Luar Biasa

 

Mungkin banyak orang yang telah melihat dan pernah melalui wilayah hutan ini. Wilayah Hutan Wanagama yang membentang luas di daerah Gunungkidul. Saat wisatawan ingin berkunjung ke kota Wonosari, jika dari kota Yogyakarta pasti akan melewati kawasan hutan ini. Namun hanya sedikit wisatawan saja yang pernah menjelajah kedalam hutan. Penasaran ada apa saja didalam hutan ini?

Hutan Wanagama pertama kali dirintis oleh Prof Oemi Han’in yang bertekad untuk mengubah daerah yang tandus menjadi rimbun dengan pepohonan. Hutan Wanagama membentang di dua kecamatan yaitu kecamatan Patuk dan Playen. Sepanjang jalan untuk menuju tempat ini, kalian akan disuguhi pemandangan yang luar biasa. Untuk memasuki kawasan ini, kalian bisa melihat petunjuk yang terpasang di perempatan lampu merah setelah kawasan Rest Area Bunder. Kalian akan mendapatkan petunjuk anak panah kekanan yang bertuliskan Wanagama. Setelah beberapa lama menyusuri jalan beraspal yang semakin mengecil, anda akan menjumpai gapura bertuliskan Hutan Wanagama yang menandakan anda sudah sampai di kawasan hutan yang dibangun sejak tahun 1964.

Menikmati keindahan hutan dengan cara menyusuri kedalamnya pastilah kalian tidak akan menyangka kalau hutan ini dahulunya adalah daerah yang tandus dampak dari penebangan liar yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Berawal dari keprihatinan melihat kawasan yang tandus inilah Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada Yogyakarta dengan beberapa akademisi melakukan segenap upaya untuk menghijaukan kembali dengan mereboisasi atau penanaman kembali berbagai jenis bibit tanaman hutan.

Gerakan penghijauan hutan ini dipelopori oleh Prof Oemi Hani’in Suseno pada tahun 1964 dengan bermodal tabungan pribadi. Dimulai dari menanami lahan seluas 10 Ha menjadikan gerakan penghijauan menarik perhatian banyak pihak terutama pecinta lingkungan dan pemerintah. Hingga akhirnya mereka saling bekerja sama untuk menhijaukan lebih luas lagi hingga 600 Ha seperti yang sekarang kita jumpai.

Hutan Wanagama merupakan hutan yang unik karena hutan ini disebut sebagai miniatur hutan karena didalamnya terdapat berbagai jenis tanaman dari berbagai daerah. Bagi kalian yang menyukai aktivitas petualangan di hutan maka mengunjungi tempat ini merupakan cara yang tepat untuk menyalurkan hasrat berpetualang.

Saat menyusuri Wanagama, kalian akan menjumpai deretan berbagai jenis pepohonan yang menemani perjalanan. Dimulai dari pohon Akasia disambung dengan deretan barisan pohon minyak kayu putih, eboni kayu hitam dari Sulawesi, Cendana  pohon wangi, murbei dan jati. Didalamnya juga terdapat beberapa jenis binatang seperti unggas, kera dan bebrapa jenis reptil yang merupakan pengguni khas tempat ini.

Hutan ini memiliki tiga sumber aliran sungai yaitu Oya, Sendang Ayu dan Banyu Tibo yang setiap waktu menyuplai kebutuhan air untuk menopang kehidupan hutan ini. Wanagama juga merupakan tempat bergantung bagi sejumlah penduduk setempat. Dimana warga dan pengelola wanagama melakukan kemitraan untuk kerjasama yang saling menguntungkan.

Bentuk kerjasama tersebut seperti yang dilakukan warga di sekitar Wanagama dengan diperbolehkannya menanam rumput kalanjana di lahan-lahan yang masih kosong untuk pakan ternak sapi mereka. Rumput tersebut menjadi hak petani yang akhirnya menjadi makanan bagi sapi ternak. Sebagai timbal baliknya, Wanagama mendapat pupuk kandang yang berasal dari kotoran ternaknya.

Nah bagi kalian yang ingin menjelajah kesana, lokasi dari hutan ini  terletak di desa Banaran, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika kalian berangkat dari kota Yogyakarta maka mengambil arah menuju ke kota Wonosari. Sesampainya di Rest Area Hutan bunder kalian tinggal lurus dikit hingga menemukan lampumerah dan ambil arah kekanan menuju desa Banaran yang berjarak sekitar 2 km. Kalian tinggal menyusuri jalan tersebut hingga nampak pintu gerbang Hutan Wanagama

Untuk harga tiket masuk kekawasan ini juga cukup terjangkau, hanya sebesar Rp.5.000, per orang dan fasilitas yang terdapat di hutan ini cukup memadai diantaranya tersedia Camping ground, aula untuk tempat pertemuan, sarana out bond, trek wisma, air bersih, wc dan lain-lain.

 

Tags : wisata, wisata gunungkidul, hutan wanagama



Berita Lainnya :


Paket Wisata

Contact Us

MERAPI ADVENTURE

PT. BOROBUDUR DESTINASI UTAMA TOUR AND TRAVEL

Jl. Temulawak, RT 01/RW 04 No 40 Nologaten, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

Phone
+62 274 485672

Mobile
+628112640967

WhatsApp click here :
+628112640967

Telegram click here :
+628112640967

LINE click here :

Email :

eko.wijoyanto@gmail.com or borobudursunrise.net@gmail.com

We accept :

 Paypal :

Transfer Money 

 

Exchange Rate :

 


Paket Wisata

Hubungi Kami

Jl. Temulawak, RT 01/RW 04 No 40 Nologaten , Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

Phone
+62 274 485672

Mobile
+628112640967

WhatsApp
+628112640967

Telegram
+628112640967

Line
borobudursunrise

Email
eko.wijoyanto@gmail.com, borobudursunrise.net@gmail.com

Promo

Jadwal dan Harga Ramayana Ballet Prambanan
Amazing Race Jomblang Cave
Rafting Sungai Progo
Jeep Lava Tour Merapi
YOGYAKARTA BIKING PACKAGE
Timang Beach
Golden Sunrise at Sikunir Dieng
Ramayana Ballet Prambanan
Legenda Roro Jonggrang Prambanan Ballet
MERAPI SUNRISE TOUR
Experience with our free app
Experience with our free app

Statistik Pengunjung

User Online:3
Total Hits:485280
Total Visitor:199495
Flag Counter

Rekening Pembayaran

PayPal
https://www.paypal.me/borobudursunrisetour
https://www.paypal.me/borobudursunrisetour

Transferwise
https://transferwise.com/
https://transferwise.com/