Berita

Petunjuk Aman Naik Bus Antar Provinsi Saat Pandemi

01 Desember 2020 00:18:42 / Berita / Hits : 981 / Posted by Administrator

Meskipun masih dilanda pandemi, beberapa sektor perekonomian sudah kembali buka. Salah satunya adalah transportasi umum seperti bus. Bukan hanya bus kota, namun bus antar provinsi juga sudah aktif beroperasi. Dengan kondisi pandemi seperti ini, bagaimana prosedur agar tetap aman dalam menggunakan transportasi bus antar provinsi?

Menggunakan Bus Antar Provinsi

Sebenarnya, di tengah kondisi pandemi seperti ini, menggunakan moda transportasi apapun harus sama-sama perlu melakukan prosedur kesehatan yang benar. Namun biasanya, bus antar provinsi memiliki kelebihan tersendiri sebagai moda transportasi. Tentu saja tidak sama dalam setiap keadaan.

Untuk siapa saja yang ingin traveling sambil menikmati perjalanan darat, mengetahui rute yang dilewati saat berpergian serta melewati berbagai pusat kota, bus antar provinsi menjadi pilihan yang cocok. Hal ini berbeda apabila menggunakan moda transportasi lainnya seperti menggunakan kereta api apalagi pesawat terbang.

Namun memang menggunakan bus untuk perjalanan hingga 12 jam lebih juga bukan pilihan tepat. Jadi bus antar kota antar provinsi memiliki kelebihan dalam keadaan tertentu saja. Misalnya untuk perjalanan wisata luar daerah. Karena itu kita mengenal layanan sewa bus wisata Jogja sebagai salah satu contohnya.

Berikut beberapa pedoman untuk menggunakan bus antar provinsi :

1. Datang ke Terminal

Jika Anda telah berhasil mendapatkan tiket bus dengan nomor kursi sesuai yang ditentukan, sebaiknya Anda tiba di terminal bus lebih awal. Tapi jika Anda mungkin tidak mendapatkan bus sebelum jam keberangkatan, maka datanglah jauh lebih awal lagi untuk bisa mendapatkan nomor kursi yang Anda inginkan.

Sebab jika Anda membeli tiket di menit-menit keberangkatan bus, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan tempat yang tidak Anda sukai. Apalagi lamanya perjalanan membuat Anda harus berada di tempat tersebut berjam-jam.

2. Bawa Barang Secukupnya

Perjalanan bus antar provinsi biasanya untuk penumpang mudik atau sekedar berliburan saja. Apapun tujuannya, moda transportasi ini memang tidak cocok untuk membawa barang seperti sebesar koper. Dilihat dari aspek kenyamanan dan keamanan, lebih baik membawa barang secukupnya saja seperti hanya menggunakan ransel saja.

3. Pastikan Layanan Bus

Bagaimana layanan bus yang Anda gunakan? Beberapa bus antar kota antar provinsi menawarkan snack dan minuman. Namun untuk perjalanan lebih dari 6 jam biasanya juga terdapat layanan makan. Sehingga bus akan berhenti pada saat jam makan pada restoran yang bekerja sama dengan P.O bus. Pastikan juga jika terdapat layanan lainnya yang bisa menjadi keuntungan bagi Anda.

4. Jaga Barang Elektronik

Barang-barang elektronik seperti gadget dan yang sejenisnya memang peralatan yang selalu terpakai. Namun jangan sampai lalai melatakkannya sembarangan. Karena gadget termasuk kategori barang berharga yang beresiko untuk diambil. Selain itu, menjaga barang semacam ini juga tidak mengundang perhatian sehingga dapat sama-sama merasa aman dalam perjalanan.

Prosedur Aman Saat Menggunakan Bus Antar Provinsi

Bagi sebagian orang, memang tidak ada pilihan lain selain menggunakan bus antar provinsi untuk tujuannya. Selain memang harga tiket perjalanan yang lebih terjangkau, tempat yang menjadi tujuan memang lebih dekat jika menggunakan bus antar kota antar provinsi. Bagaimana agar tetap aman dalam kondisi pandemi seperti ini?

1. Gunakan Masker

Tentu saja harus menggunakan masker. Karena pandemi yang sedang melanda memang merupakan penyakit yang penularannya melalui pernapasan ke udara. Menggunakan masker bukan hanya untuk melindungi diri sendiri namun juga melindungi orang lain.

Saat menggunakan kendaraan bus, sebaiknya tanyakan juga apakah ada prosedur wajib masker. Jangan sekali-kali menggunakan bus yang tidak memberlakukan prosedur wajib masker.

2. Jaga Jarak

Jaga jarak dengan sesama penumpang bus. Hal ini juga perlu dipastikan pada layanan bus yang Anda pesan. Menjaga jarak dapat mengurangi resiko penularan virus. Pada beberapa moda transportasi, biasanya tempat duduk memang diberi tanda sehingga penumpang tidak duduk berdekatan satu sama lain. Jika penumpang duduk rapat, sebaikanya Anda menggunakan layanan bus lainnya yang aman.

3. Gunakan Hand Sanitizer

Penularan juga bisa melalui perantaraan sentuhan. Misalnya adalah handle pintu, kursi penumpang dan lain-lain. Karena itu, pastikan Anda membawa hand sanitizer dan menggunakannya. Biasanya, saat ini setiap sektor publik menyediakan sarana cuci tangan saat sebelum maupun setelah. Misalnya sebelum masuk bus dan setelah keluar bus. Selain itu, pakailah hand sanitizer yang Anda bawa disetiap kesempatan seperti sebelum menyetuh wajah dan makanan atau minuman.

4. Waspadai Orang Sakit

Meskipun berpergian mungkin untuk tujuan yang diperlukan, namun tidak ada gunanya jika harus membahayakan diri Anda. Maka, jika Anda merasa berada bersama orang yang memiliki ciri-ciri penularan virus, sebaiknya urungkan niat Anda. Namun jika tidak ada tanda orang sakit bersama Anda, lanjutkan perjalanan dengan tetap melakukan prosedur kesehatan.

5. Pastikan Kesehatan Anda

Selain semua prosedur keamanan yang terkait hal-hal dari luar dan lingkungan, tentu saja Anda harus memastikan diri Anda sendiri. Apabila Anda sedang sakit, maka bukan saatnya Anda untuk menempuh perjalanan. Sebaiknya Anda berobat dan menjauh dari keramaian untuk mengurangi resiko penyebaran.

Itu dia beberapa prosedur keamanan untuk melakukan perjalanan menggunakan bus antar provinsi yang kami rangkum dari saran ahli kesehatan di Indonesia. Meskipun sudah mulai kembali beraktivitas seperti biasa, namun tetap jaga kesehatan Anda dimanapun baik saat melakukan perjalanan maupun saat berkegiatan lainnya.

 

jeep lava tour merapi, jeep tebing breksi, outbound di yogyakarta, rafting sungai elo, rafting sungai progo, amazing race merapi sunrise, Jeep Merapi sunrise, Hard Trekking Merbabu, Soft Trekking Merapi, Paintball di Yogyakarta, Smart Outbound Yogyakarta

Tags : jeep lava tour merapi, jeep tebing breksi, outbound di yogyakarta, rafting sungai elo, rafting sungai progo, amazing race merapi sunrise, jeep merapi sunrise, hard trekking merbabu, soft trekking merapi, paintball di yogyakarta, smart outbound yogyakarta



Berita Lainnya :


Layanan Kami

Contact Us

MERAPI ADVENTURE

PT. BOROBUDUR DESTINASI UTAMA

NIB :0302240041553

Jl. Temulawak, RT 01/RW 04 No 40 Nologaten, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

Phone
+62 274 485672

Mobile
+628112640967

Email :

merapiadventure01@gmail.com

ONLINE SUPPORTS :
                                      WE ACCEPT

 

 

 


Exchange Rate :

Layanan Kami

Hubungi Kami

Jl. Temulawak, RT 01/RW 04 No 40 Nologaten , Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

Phone
+62 274 485672

Mobile
+628112640967

WhatsApp
+628112640967

Telegram
+628112640967

Line
borobudursunrise

Email
merapiadventure01@gmail.com, borobudursunrise.net@gmail.com

Promo

Rafting Sungai Elo
Rafting Sungai Progo
Jeep Lava Tour Merapi
Jomblang Vertical Cave Timang Beach
Golden Sunrise at Sikunir Dieng
MERAPI SUNRISE TOUR
Jadwal dan Harga Ramayana Ballet Prambanan
Legenda Roro Jonggrang Prambanan Ballet
Linktree

Statistik Pengunjung

Flag Counter

Rekening Pembayaran

Transferwise
https://wise.com/
https://wise.com/

CREDIT CARD
POWERED BY IPAY88
POWERED BY IPAY88