Berita

3 Gunung di Jawa Tengah Terbaik dan Jadi Favorit untuk Pendakian, Berikut Daftarnya!

01 September 2022 20:19:17 / Berita / Hits : 46 / Posted by Administrator

Aktivitas mendaki gunung bukanlah perkara yang sepele. Diperlukan persiapan fisik, mental, dan bekal yang cukup untuk melakukan jenis olahraga berat ini. Untuk Anda yang sama sekali belum pernah mendaki gunung, jangan sekali-kali memutuskan melakukan pendakian atau hiking tanpa persiapan yang matang. Bukannya menakut-nakuti, tak sedikit hal tak terduga di luar kuasa manusia bisa dialami di gunung karena faktor alam maupun fisik kita sendiri. Mulai dari kelelahan, sakit, cuaca berubah-ubah, dehidrasi, hipotermia, hingga kecelakaan. Oleh karena itu, Anda perlu ekstra mempersiapkan segala hal dengan mencari banyak informasi dari pendaki pro yang pernah menaklukan beberapa gunung. Ada banyak tujuan pendakian yang populer di kalangan pendaki, salah satunya adalah gunung di Jawa Tengah yang terkenal akan keindahan dan trek pendakiannya. Penasaran mana saja gunung di Jawa Tengah paling terbaik untuk didaki? Ini daftarnya untuk Anda!

1. Gunung Merbabu

Di kalangan pendaki, Gunung Merbabu adalah salah satu gunung terindah di Indonesia yang wajib disambangi. Gunung di Jawa Tengah ini memiliki pemandangan hamparan sabana yang paling keren dan memukau. Jika cuaca cerah, Anda bisa menyaksikan gagahnya Gunung Merapi, pegunungan di Magelang serta deretan Gunung Sumbing, Sindoro, dan Dieng di sisi barat laut. Terletak di Kabupaten Magelang dan Boyolali, gunung ini memiliki lima basecamp resmi yang menjadi titik awal jalur pendakian, di antaranya yang familiar adalah Selo, Suwanting, dan Wekas.

Untuk mencapai puncak Merbabu, diperlukan trekking selama 6-9 jam dari basecamp tergantung pada kekuatan fisik masing-masing pendaki. Ketentuan pendakian di gunung yang berseberangan dengan Gunung Merapi ini adalah diharuskan melakukan booking dan registrasi online serta diwajibkan berkelompok. Pendaki yang melakukan summit attack biasanya menuju 3 dari 7 puncak di Gunung Merbabu. Ada Puncak Kenteng Songo, Puncak Triangulasi (ketinggian 3.142 mdpl), dan Puncak Syarif (3.120 mdpl). Anda bisa menjangkau ketiga puncak tersebut karena letaknya yang berseberangan.

2. Gunung Andong

Gunung di Jawa Tengah berikutnya ini sangat cocok didaki oleh para pemula. Dengan ketinggian puncaknya di 1.726 mdpl, Anda bisa memulai trekking melalui salah satu dari 6 jalur pendakian. Di antaranya Kudusan dan Kembangan di Kecamatan Grabag, Magelang. Atau bisa melalui Pendem, Sawit, Gugik, dan Temu di Kecamatan Ngablak, Magelang. Dengan trek mulai dari yang landai hingga terjal harus dilalui untuk mencapai puncak Gunung Andong. Biasanya para pendaki memerlukan waktu perjalanan 1-3 jam.

Gunung Andong sangat mempesona menjadi tempat terbaik untuk camping dan menikmati sunrise di pagi hari. Saat cuaca cerah dan tanpa kabut, di area camping ground Puncak Jiwa, Anda bisa menyaksikan Gunung Merbabu dan Gunung Merapi yang berdampingan di sisi tenggara. Pada sisi barat, Anda akan disuguhi panorama indah Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan pegunungan yang ada di Wonosobo. Sementara di sisi utara, Gunung Telomoyo dan Gunung Ungaran kemungkinan bisa terlihat.

3. Gunung Sumbing 

Siapa tak kenal dengan Gunung Sumbing? Ya, gunung ini memiliki 12 jalur pendakian yang tersebar di Kabupaten Wonosobo, Temanggung, dan Magelang. Anda bisa memilih salah satu dari jalur pendakian Gunung Sumbing karena memiliki keunikan dan tantangan masing-masing. Estimasi perjalanan biasanya memakan waktu 6-10 jam sampai puncaknya.

Gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah setelah Gunung Slamet (3.371 mdpl) ini adalah gunung aktif yang telah lama mati. Di sebelah barat, Gunung Sumbing berhadapan dengan Gunung Sindoro, sehingga sering disebut sebagai “gunung kembar”. Panorama sabana Segoro Banjaran dan kawah gunung menjadi daya pikat tersendiri.

Gunung Sumbing jadi incaran para pendaki karena jalurnya yang berliku serta dikelilingi hamparan pohon pinus, kebun teh, dan ladang sayur warga. Udara yang segar dan menyejukkan menjadi bonus utama selama melakukan pendakian. Gunung Sumbing di antaranya memiliki Puncak Sejati dan Puncak Selo Konten. Dari jalur pendakian sisi timur, pendaki akan disuguhi bentangan panorama Gunung Merbabu, Merapi, Andong hingga Lawu. Jika Anda turun dari pendakian melalui jalur Butuh, Kaliangkrik, Anda akan merasakan kehangatan para penduduk yang terkenal dengan pemukiman Nepal van Java-nya.

 

Jeep Lava Tour Merapi, Rafting Sungai Elo, Soft Trekking Merapi, Yogya Walking Tour

Tags : jeep lava tour merapi, rafting sungai elo, soft trekking merapi, yogya walking tour



Berita Lainnya :


Layanan Kami

Contact Us

MERAPI ADVENTURE

PT. BOROBUDUR DESTINASI UTAMA

Jl. Temulawak, RT 01/RW 04 No 40 Nologaten, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

Phone
+62 274 485672

Mobile
+628112640967

Email :

merapiadventure01@gmail.com


ONLINE SUPPORTS :
                                      WE ACCEPT

 

 

 


Exchange Rate :

Layanan Kami

Hubungi Kami

Jl. Temulawak, RT 01/RW 04 No 40 Nologaten , Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

Phone
+62 274 485672

Mobile
+628112640967

WhatsApp
+628112640967

Telegram
+628112640967

Line
borobudursunrise

Email
merapiadventure01@gmail.com, borobudursunrise.net@gmail.com

Promo

Rafting Sungai Progo
Jeep Lava Tour Merapi
Rafting Sungai Elo
YOGYAKARTA BIKING PACKAGE
Timang Beach
Golden Sunrise at Sikunir Dieng
MERAPI SUNRISE TOUR
Jadwal dan Harga Ramayana Ballet Prambanan
Sewa Motor Trail di Merapi
Linktree

Statistik Pengunjung

Flag Counter

Rekening Pembayaran

Transferwise
https://transferwise.com/
https://transferwise.com/

CREDIT CARD
POWERED BY IPAY88
POWERED BY IPAY88